KPU Kabupaten Kediri Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

KPU Kabupaten Kediri Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Jumat (01/10/2021) via kanal youtube Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri secara virtual mengikuti  upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Inspektur upacara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tahun untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia. "Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun kita peringati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini, sekaligus mengingatkan bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan," tulis Kepala Negara.

Sementara itu, dalam pidatonya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan Hari Kesaktian Pancasila perlu dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan masa yang akan datang. “Merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita kedepan,” ungkap Nadiem.

Lebih lanjut, Nadiem menekankan pentingnya pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia. Untuk itu, peringatan Hari Kesaktian Pancasila, menurut Mendikbudristek adalah saat yang baik untuk merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan konservasi alam.

Perlu diketahui dengan mengusung tema "Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila" hal ini dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi. (pnj)