KPU RI Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Serentak Lanjutan 2020

KPU RI Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Serentak Lanjutan 2020
Foto : Petugas KPPS memakai APD sesuai Protokol Kesehatan Pencegahan Pengendalian Covid-19 dalam acara Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Sabtu (10/10/2020).
KPU RI Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Serentak Lanjutan 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Simulasi Pemungutan Suara Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020. Simulasi tersebut merupakan kali keempat yang digelar guna mencari format pemungutan suara yang ideal di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dikutip dari situs resmi KPU RI, Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU RI Ilham Saputra menyampaikan bahwa simulasi telah dilaksanakan di tiga lokasi sebelumnya, Kantor KPU RI, Indramayu Jawa Barat serta Tangerang Selatan Banten, KPU telah mendapat banyak masukan untuk pelaksanaan pemungutan suara yang aman dan sehat.

"Kita sedang mencari format ideal terhadap pelaksanaan pemungutan suara di masa pandemi," ujar Pelaksana harian (Plh) Ketua KPU RI Ilham Saputra saat membuka kegiatan simulasi di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (10/10/2020).

Melalui rangkaian simulasi tersebut, Ilham juga mengakui mendapatkan masukan dari pemilih disabilitas untuk kemudahan mereka selama mengikuti pemungutan suara di TPS  di tengah pandemi Covid-19.

"Seperti pemilih tuna rungu mereka butuh petugas membuka masker karena membaca melalui gerakan bibir," tambah Ilham.

Melalui simulasi yang digelar tersebut diperlihatkan bagaimana Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19. Mulai dari cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan handsanitazer, sarung tangan plastik, tinta tetes/ oles tanda telah menggunakan hak pilih hingga bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat.

Hadir dalam kegiatan simulasi ini Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Viryan serta I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi. Jajaran KPU Jawa Tengah serta KPU Kota Magelang. Juga tampak hadir pejabat TNI/Polri setempat. (hupmas/ lyn)