Refleksi Pasca Pilkada 2020, KPU Kabupaten Kediri Ikuti Radiogram Bersama Kemendagri 

Refleksi Pasca Pilkada 2020, KPU Kabupaten Kediri Ikuti Radiogram Bersama Kemendagri 
Foto : Ketua Kabupaten Kediri mengikuti radiogram bersama Kemendagri, Senin (14/12/2020).

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Dalam rangka refleksi pasca gelaran Pemilihan Kepela Daerah Serentak (Pilkada) Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti radiogram bersama Kementerian dalam Negeri (Kemendagri), Senin (14/12/2020).

Sekira pukul 10.00 WIB, kegiatan radiogram refleksi pasca Pilkada digelar di kantor Pemerintahan Kabupaten Kediri. Selain KPU, hadir juga Bawaslu dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kediri. 

Dalam radiogram tersebut, Mendagri, Tito Karnavian mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepela Daerah Serentak (Pilkada) Tahun 2020 sudah mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19.

“Sekitar 89 sampai 96 persen pelaksanaan pemilihan mematuhi protokol kesehatan, Pilkada ataupun tidak pilkada tidak mempengaruhi peningkatan Covid,” ujar Tito Karnavian saat paparan dalam radiogram yang digelar lewat zoom meeting, Senin (14/12/2020).

Tito menyampaikan apresiasi datang dari banyak pihak atas pelaksanaan Pilkada yang berjalan dengan tertib dan aman tanpa mengganggu keselamatan masyarakat. Hal ini berkat terobosan KPU RI mengatur jadwal kedatangan pemilih sehingga tidak terjadi kerumunan.

“Dan secara umum partisipasi masyarakat meningkat dalam pemilihan di masa pandemi ini. ” tuturnya. 

Sementara itu, Menteri Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya Pilkada Tahun 2020 yang berlangsung dengan baik tanpa kluster baru.Dulu ada kekhawatiran dan tentangan karena pemilihan digelar saat pandemi.

“Namun kekhawatiran itu sudah terjawab dan ternyata partisipasi masyarakat justru meningkat. Disini memunculkan budaya baru, budaya protkes,” ungkapnya.

Radiogram berjalan lancar dan berakhir pukul 12.00 WIB. (hupmas/ lyn)