Belajar Inovasi Pengelolaan Arsip Hukum, KPU Kediri ikuti Launching SIDAKU

Belajar Inovasi Pengelolaan Arsip Hukum, KPU Kediri ikuti Launching SIDAKU

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Launching Sistem Integrasi Dokumentasi dan Arsip Hukum (SIDAKU) yang diselenggarakan KPU Pacitan. Selasa (30/11/2021)

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut dihadiri Ketua KPU RI Ilham Saputra, Ketua KPU Jatim Choirul Anam, dan Anggota KPU Jatim M. Arbayanto serta mengundang 38 KPU Kabupaten/Kota Se-Jatim. Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono dan Sekretaris Bekti Rochani turut hadir sebagai delegasi KPU Kabupaten Kediri.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Pacitan, Sulis Setyorini dalam sambutannya Rini mengatakan bahwa sistem ini dibuat karena melihat selama ini pengarsipan dokumen hukum di KPU Pacitan belum maksimal. “Dengan alasan itu KPU Pacitan melakukan inovasi dengan membuat sebuah sistem yang kita namai SIDAKU,” ucap Rini.

Sementara itu, Arbayanto selaku Divisi Hukum KPU Jatim memberikan apresiasi atas di launchingnya sistem ini, dimana ini sebuah kemajuan dan seharusnya hal seperti ini dapat menginspirasi KPU - KPU lain melakukan hal yang sama. “KPU Jatim mengapresiasi apa yang dilakukan KPU Pacitan, kedepan semoga ini dapat diadopsi KPU lain sehingga kecepatan dalam pencarian dokumen tidak lagi membutuhkan waktu yang lama karena semua dokumen telah terinclude dengan jelas kedalam sistem ini,” kata Arba.

Senada dengan Arba, Ketua KPU RI Ilham Saputra pada kesempatan itu juga turut memberikan apresiasi atas inovasi yang telah dilakukan karena hal ini wujud menjalankan prinsip transparansi dan mendukung percepatan pelayanan publik. "Ini sejalan dengan harapan KPU dalam hal sistem pengelolaan arsip, efisiensi dalam bekerja dan mendukung percepatan dalam memberikan pelayanan informasi kepada publik khususnya dibidang hukum," ujar Ilham.

llham menyampaikan KPU RI siap menerima masukan dari manapun baik dari KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota terkait inovasi - inovasi yang mendukung kemudahan karena efisiensi dan efektivitas merupakan kunci menjawab tuntutan dan tantangan pekerjaan saat ini.