Dorong Penguatan Data, KPU Jalin Kerjasama dengan PT Tribun Digital Online dan Perludem

Dorong Penguatan Data, KPU Jalin Kerjasama dengan PT Tribun Digital Online dan Perludem

Kediri, kab-kediri.kpu.go.id - Rabu (05/01/2022) Berlangsung di ruang sidang kantor KPU RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjalin kerja sama dengan PT Tribun Digital Online serta Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem). 

Ditandatangani langsung oleh Ilham Saputra (Ketua KPU RI), Febby Mahendra Putra (Direktur Pemberitaan PT. Tribun Network, serta Khoirunnisa Nur Agustyanti (Direktur Eksklusif Perludem) merupakan sebuah kerjasama yang dituangkan dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU).

Ilham menyampaikan saat ini banyak terdapat aplikasi pendidikan pemilih yang bertujuan untuk mengajak pemilih berpartisipasi namun dengan makna, artinya niat memilih bukan hanya datang ke TPS saja namun juga mencermati profil para kandidat. “Oleh karena itu keterbukaan data menjadi hal yang sangat penting karena salah satu pilar pemilu adalah transparansi penyelenggaraan tahapan, transparansi hasil, dan transparansi keuangan,” katanya.

Adanya kerjasama ini merupakan sebuah komitmen untuk mendorong keterbukaan data pemilu sebagai suatu bentuk transparansi yang signifikan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilu.

“Dengan menguatkan ekosistem keterbukaan data pemilu, masyarakat dapat memahami, berpartisipasi, mengevaluasi untuk pada akhirnya menerima proses dan hasil pemilu sebagai representasi kehendak masyarakat,” jelas Khoirunnisa.

Febby Mahendra menyambut baik atas kerjasama yang dijalin dengan KPU dan Perludem. Dengan kerjasama ini data pemilu di format sebagai data terbuka sehingga setiap orang dapat mengaksesnya, tidak ada diskriminasi terhadap orang atau kelompok tertentu. Harapannya 30 Provinsi dapat terjangkau luas dan merata. Maka dari itu Feby meyakini untuk dapat berkontribusi dengan KPU. 

“Kami sadar bahwa Pemilu 2024 pemilu bersejarah, pileg pilpres pemilihan kepala daerah jadi satu. Dan rasanya kami kalau tidak memberikan sumbangsih kami berdosa. Kami bangga membantu KPU sebagai jembatan baik sosialisasi kepada KPU ke masyarakat dan sebaliknya,” ungkap Febby.