KPU Kabupaten Kediri Jadi Narasumber Sharing Knowledge Penggunaan Sirekap Pada Pemilihan tahun 2020

KPU Kabupaten Kediri Jadi Narasumber Sharing Knowledge Penggunaan Sirekap Pada Pemilihan tahun 2020

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Rapat Koordinasi Berbagi Pengalaman sesi IV dan V “Penggunaan Sirekap Pada Pemilihan Tahun 2020” yang diadakan secara daring oleh KPU RI. 

Menjadi suatu kehormatan Divisi Teknis KPU Kabupaten Kediri Anwar Ansori berkesempatan menjadi narasumber dalam acara ini beserta lima Ketua Divisi Teknis dari berbagai KPU kab/kota, yaitu Kabupaten Mandailing Natal, KPU Kabupaten Ngada, KPU Kabupaten Gunung Kidul, KPU Kabupaten Tanjung Jabur Timur, dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kolaka Timur. Kamis (23/12/2021).

Turut hadir dalam acara ini Ketua KPU RI Ilham Saputra dan dihadiri oleh Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Hasyim Asy'ari dan Arief Budiman.

Dalam kesempatan kali ini para narasumber menyampaikan berbagai pengalaman selama menggunakan Sirekap pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 pada daerah masing-masing. Selama membahas pengalaman ini ditemukan kendala selama penggunaan Sirekap pada 6 daerah tersebut, yaitu terdapat suatu daerah yang bahkan sama sekali tidak menemukan akses sinyal internet. Sehingga selama proses penggunaan Sirekap terjadi hambatan.

“Sebanyak 126 TPS atau 25% dari seluruh TPS di daerah kami berada pada daerah blank spot, rata-rata TPS itu berada di wilayah pegunungan,” kata Muhammad Ihsan Matondang, Kadiv Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Mandailing Natal.

Senada dengan Ihsan, Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Gunung Kidul Andang Nugroho menyampaikan “Terdapat 62 titik blank spot, tidak ada akses internet sama sekali. Selain itu kendala lainnya yang dialami adalah adanya handphone yang gagal install dan login Sirekap serta server down”

Selanjutnya Divisi Teknis Penyelenggaraan, Anwar Ansori menyampaikan secara detail bagaimana KPU Kabupaten Kediri menggunakan Sirekap, dimulai dari persiapan yang dilakukan, langkah yang diambil ketika server down saat rekapitulasi, hingga kendala terkait ketidaktersediaan sinyal di berbagai daerah di Kabupaten Kediri. “SDM belum memahami cara instalasi, device tidak kompatibel,” kata Anwar

Menggunakan Sirekap dalam proses Pemilu/ Pemilihan memerlukan kesabaran dan semangat yang tinggi dalam menghadapi kendala yang terjadi. Dengan semangat yang membara maka akan memberi motivasi kepada badan adhoc untuk menyukseskan Pemilu/ Pemilihan sambil memonitoring kinerja mereka. “Kita raih hati dan simpati badan adhoc, alhamdulillah kendala-kendala dalam penggunaan Sirekap itu, dapat teratasi,” tambah Anwar.

“Para narasumber sangat luar biasa, menginspirasi serta memberikan pembelajaran bagi perbaikan-perbaikan penggunaan Sirekap ke depan. Kemampuan memahami peraturan-peraturan, juknis, kedisiplinan dan manajerial sangat mempengaruhi keberhasilan penggunaan Sirekap. Ayo kita buka kembali peraturan-peraturannya dan mencermati juknis-juknisnya,” tutup Evi sebagai bentuk apresiasi terhadap narasumber.