KPU Kediri ikuti Peluncuran Buku Simulasi Proyeksi Penataan Dapil DPRD Kabupaten Bogor 2024

KPU Kediri ikuti Peluncuran Buku Simulasi Proyeksi Penataan Dapil DPRD Kabupaten Bogor 2024

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Jum’at (24/12/2021) via youtube Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti webinar sekaligus Peluncuran Buku Simulasi Proyeksi Penataan Dapil DPRD Kabupaten Bogor 2024 dalam rangka 3 Tahun Kinerja Komisioner periode 2018-2023 yang diadakan KPU Kabupaten Bogor dengan mengundang 2 narasumber Divisi Teknis KPU Provinsi Jabar Barat Endun Abdul Haq dan Peneliti Perludem Heroik M Pratama, S. IP.

Buku yang berjudul Proyeksi Penataan Dapil DPRD Kabupaten Bogor 2024 ini merupakan buku kedua yang berhasil diterbitkan KPU Kabupaten Bogor selama periode 3 tahun kinerja komisioner KPU Kabupaten Bogor. 

Ketua Divisi Teknis KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq mengapresiasi terbitnya buku kedua KPU Kabupaten Bogor ini. Dengan harapan masyarakat dan peserta pemilu sudah mulai mempersiapkan menyongsong Pemilu serentak 2024. Penataan Dapil harus berpedoman pada 7 Prinsip penataan Dapil. “Buku ini sudah membuat telaah 6 Simulasi yang disajikan sehingga sangat memudahkan pembaca dalam memahami penataan Dapil DPRD Kabupaten Bogor,” kata Endun

Selanjutnya Peneliti Perludem Heroik M Pratama menyampaikan urgensi penataan ulang dapil disebabkan oleh faktor pertumbuhan penduduk yang menyebabkan alokasi kursi keseluruhan Kabupaten/Kota, berubahnya alokasi kursi lebih dari 12 Kursi tiap dapil karena adanya pemekaran dapil. Namun sampai saat ini masih banyak Dapil terbang, Dapil loncat dan atau Dapil superman.

“Contohnya di Jawa Barat Dapil Loncat (Kota Bogor dan Cianjur). Penataan Dapil tidak boleh melakukan praktik-praktik yang menguntungkan kepentingan pribadi atau kepentingan salah satu politik salah satu parpol,” jelas Heroik. 

Dalam penataan Dapil perlu diperhatikan betul agar terhindar dari adanya problem yang menguntungkan pribadi atau salah satu kepentingan politik partai. Penataan Dapil banyak yang loncat atau terbang hingga saat ini masih menjadi problem yang belum terselesaikan di Indonesia.

Oleh karena itu terbitnya buku ini merupakan hal yang sangat penting demi penataan proyeksi Dapil DPRD yang optimal. Karena di dalamnya memuat  urgensi menata ulang dapil, penghitungan, dasar hukum, prinsip, langkah-langkah dan wewenang penyusunan serta penetapan dapil DPRD Kabupaten Bogor serta prinsip Sustainable Election Management database yang  jumlah kewilayahannya terdiri dari jumlah desa, jumlah RT dan jumlah RW.