KPU Kediri Mantapkan 2 Desa sebagai Usulan Program (DP3)

KPU Kediri Mantapkan 2 Desa sebagai Usulan Program (DP3)
Kriteria Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Jumat (16/07/2021) Pukul 10.00 WIB. Menindaklanjuti usulan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang dilakukan sebelumnya, hari ini KPU Kabupaten Kediri menetapkan 2 Desa yang akan diusulkan sebagai Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Kabupaten Kediri. Usulan ini ditetapkan setelah dilakukan pencermatan yang seksama terhadap tingkat partisipasi masyarakat hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.

Anggota KPU Kabupaten Kediri Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Nanang Qosim menyampaikan bahwa setelah melakukan pemetaan akhirnya ditetapkan 2 desa yaitu Desa Kedungsari Kecamatan Tarokan dan Desa Sempu Kecamatan Ngancar sebagai usulan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Kabupaten Kediri yang akan diusulkan kepada KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU RI. 

“Dengan memperhatikan tingkat partisipasi masyarakat dan beberapa daerah rawan bencana pada Pemilihan 2020 lalu. maka di tetapkan 2 desa, karena kedua desa ini memenuhi kriteria yang dijadikan usulan dalam program DP3” kata Nanang

Harapannya, pada pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan serentak 2024 tingkat partisipasi masyarakat di Kabupaten Kediri dapat meningkat lagi melebihi target partisipasi masyarakat secara nasional yang ditetapkan oleh KPU RI. Setelah mengukur keseluruhan tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilihan 2020 di Kabupaten Kediri. Diketahui tingkat partisipasi paling rendah adalah Desa Kedungsari Kecamatan Tarokan dengan prosentase partisipasi masyarakat sebesar 51,58%. dan Desa Sempu Kecamatan Ngancar yang telah dievaluasi sebagai desa dengan potensi rawan konflik/ bencana alam. (pnj)