Pentingnya Penyusunan IDI Sebagai Tolak Ukur Perkembangan Demokrasi

Pentingnya Penyusunan IDI Sebagai Tolak Ukur Perkembangan Demokrasi

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Kamis (25/11/2021) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menghadiri Focus Group Discussion (FGD) pelaksanaan penyusunan Indeks Demokrasi Indonesia Kabupaten Kediri Tahun Anggaran 2021 yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.

Acara ini turut mengundang Bappeda, Bakesbangpol, Satpol PP, dan BPS. Tak lupa juga hadir sebagai delegasi KPU Kediri yaitu Ketua KPU, Ninik Sunarmi dan Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM Nanang Qosim.

FGD ini dilaksanakan di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri dan berlangsung mulai pukul 09.00 - 12.30 WIB dengan cara hybrid (luring dan daring via zoom meeting) yang melibatkan konsultan pelaksana pengukuran IDI kabupaten Kediri yang bertujuan untuk menyusun IDI Kabupaten Kediri. 

Pada kesempatan itu, Nanang menyampaikan FGD awal ini menyepakati bahwa akan menggunakan variabel IDI untuk mengukur berapa IDI kabupaten Kediri dengan 3 aspek.

"Tiga Aspek dalam IDI yaitu kebebasan Sipil, hak-hak politik dan lembaga demokrasi yang ada di Kediri kita ukur dengan menggunakan 18 variabel indikator," ujar Nanang dalam FGD tersebut.