Podcast KPU RI Episode 2: Anak Muda Cuek Pemilu….?

Podcast KPU RI Episode 2: Anak Muda Cuek Pemilu….?

Kediri, kab-kediri.kpu.go.id - Senin (03/01/2022) via youtube Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Episode 2 Podcast KPU RI. Podcast kali  ini menghadirkan narasumber Anggota KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

Menurut Dewa anak muda tidak bisa langsung di judge untuk cuek Pemilu, karena sekarang media sudah banyak berkembang. Maka tidak semua anak muda cuek, ada beberapa dari mereka yang mengikuti dan menyimak informasi Kepemiluan melalui media-media yang diakses. “Hal-hal tersebut harus disurvey agar kita tidak menilai anak muda seolah-olah tidak mengerti, jangan-jangan mereka lebih canggih,” kata Dewa.

KPU sebagai institusi yang mengikuti zaman harus banyak mengembangkan konten yang ada dengan menyuguhkan informasi melalui konten yang mudah dipahami dan menarik bagi anak muda sehingga pendidikan pemilih bisa sejak dini disampaikan, agar mereka merasa bermanfaat ketika mengkonsumsi konten-konten yang disajikan. “Untuk itu kita harus optimis bahwa anak muda zaman sekarang belum tentu cuek,” timpal host podcast.

Dewa mengungkapkan bahwa informasi merupakan hak konstitusional yang diatur dalam UUD Dasar tentang keterbukaan informasi. Dari sinilah KPU berperan membangun narasi positif dengan tidak mendelegitimasi anak muda, tetapi mendorong secara positif sehingga anak muda bisa tumbuh semangat dan percaya dirinya terhadap Pemilu.

“Membersamai mereka, memberi spirit, melibatkan mereka layaknya teman, serta membangun nilai-nilai positif pada anak muda” jelas Dewa.

Selanjutnya membahas mengenai Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) yang berperan untuk mendorong partisipasi masyarakat agar sadar, aware, aktif dan terlibat terhadap Pemilu dan Pemilihan 2024. Dengan mengajak keterlibatan dari semua kader yang ada di Desa/ Kelurahan agar bisa lebih menginformasikan kepemiluan dan hak-hak masyarakat..

“Dalam sistem sosial masyarakat adanya figur dan tokoh yang menginspirasi dan memberi pencerahan pada lingkungan sekitarnya. ini adalah suatu media yang menurut saya bisa menjadi pendidikan baik jangka panjang maupun pendek. Karena beberapa orang bukan tidak mau tetapi bisa jadi tidak tahu, maka adanya kader ini sangat berperan penting. Lalu membahas sosok yang dapat diteladani jika melihat sistem sosial yang paling dekat adalah keluarga. Maka peran keluarga juga penting dalam mendidik anak terkait Kepemiluan” jelas Dewa.

Sesi terakhir seperti biasa ditutup dengan NKCTP dengan membahas cerita-cerita narasumber mengenai pengalamannya yang berkaitan dengan Kepemiluan.