Redesain Surat Suara, Upaya KPU Wujudkan Pemilu Mudah dan Sederhana

Redesain Surat Suara, Upaya KPU Wujudkan Pemilu Mudah dan Sederhana

Manado, kpu-kedirikab.go.id - Sabtu (20/11) via youtube Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pada Penyederhanaan Desain Surat Suara serta Formulir Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 yang bertempat di Kantor KPU Sulawesi Utara. Pada simulasi ini  KPU menguji coba dua desain surat suara, yakni: 

  1. Dua surat suara terdiri dari surat suara Pemilihan DPD dan surat suara gabungan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPR, DPRD provinsi dan DPRD kab/kota)

  2. Tiga surat suara terdiri dari surat suara DPD, surat suara gabungan Pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan DPR, serta surat suara gabungan DPRD provinsi dan DPRD kab/kota.

Pada sambutan pembuka, Ketua KPU RI Ilham Saputra mengatakan simulasi ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan masukan atas desain surat suara yang telah dibuat. “Ini bentuk ikhtiar KPU bagaimana mempermudah pelaksanaan pemungutan suara, bagaimana mempermudah penghitungan suara,” ucap Ilham.

Ilham menilai penyederhanaan desain surat suara dan formulir adalah upaya KPU mengefektifkan proses pemungutan dan penghitungan suara yang pada Pemilu 2019 lalu menimbulkan banyak permasalahan baik untuk pemilih maupun penyelenggara dan berharap hasil evaluasi simulasi ini dapat menjadi pegangan bagi KPU saat menyampaikan rencana penyederhanaan surat suara kepada DPR dan pemerintah. 

Lebih lanjut Ilham menambahkan bahwa semua yang dilakukan ini upaya antisipatif agar pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan  baik dan lancar. “Tujuannya sekali lagi memudahkan petugas kami, pemilih, mengadministrasikan hasil penghitungan suara agar pemilunya lebih baik, lebih mudah,” imbuh Ilham.