Serba-Serbi TPS Demi Tingkatkan Partisipasi Pemilih PILBUP 2020

Serba-Serbi TPS Demi Tingkatkan Partisipasi Pemilih PILBUP 2020
Foto : TPS kreatif yang memberikan Doorprize bagi warga yang menggunakan hak pilih, Rabu (09/12/2020).
Serba-Serbi TPS Demi Tingkatkan Partisipasi Pemilih PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Demi meningkatkan partisipasi pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS), ada saja cara unik yang digunakan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) selama pelaksanaan Pemungutan suara, Rabu (09/12/2020).

Di Desa Mondo Kecamatan Mojo, beberapa TPS terpantau didesain dengan sangat kreatif dan menarik. Mulai dari desain TPS yang menarik, pemakaian kostum KPPS yang unik hingga pemberian doorprize bagi warga yang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya.

Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim mengungkapkan, selama tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan, KPPS diperbolehkan menampilkan kreatifitasnya di TPS masing-masing. Hal ini dilakukan oleh beberapa TPS di Kecamatan Mojo.

"Kreatifitas KPPS ini tujuannya untuk menarik warga pemilih datang ke TPS. Dengan cara-cara unik dan tentunya berbekal dukungan dari desa. Harapannya, hal ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih," ungkapnya.

Seperti TPS lainnya, TPS di Desa Mondo Kecamatan Mojo juga menerapkan protokol kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Virus Covid-19. (hupmas/ lyn)