Tingkatkan Kinerja Akuntabilitas Instansi, KPU Kediri Ikuti Lokarya Penyusunan SAKIP Dari KPU Jawa Timur

Tingkatkan Kinerja Akuntabilitas Instansi, KPU Kediri Ikuti Lokarya Penyusunan SAKIP Dari KPU Jawa Timur
Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi mengikuti penyusunan SAKIP. Kamis (12/8)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Demi terwujudnya reformasi birokrasi yang dicanangkan oleh pemerintah saat ini terhadap kementerian, lembaga, dan instansi terkait dalam pelayanan kepada publik. Diharapkan adanya sistem manajemen pemerintahan yang berfokus terhadap peningkatan akuntabilitas sekaligus peningkatan kinerja berorientasi kepada hasil (outcome). KPU Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan lokakarya penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bersama KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur pada Kamis (12/08/2021) pukul 09.00 - 11.00 WIB via  zoom meeting.

KPU Kabupaten Kediri yang diwakili oleh Ketua KPU Ninik Sunarmi dan Sekretaris Bekti Rochani tampak serius danmengikuti dengan seksama acara yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur tersebut.  Akuntabilitas adalah kata kunci dari sistem yang merupakan perwujudan seseorang atau instansi pemerintah untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan kebijakan yang dipercayakan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan pada media pertanggungjawabkan, berupa laporan yang disusun secara periodik.

Tujuan dalam penyusunan SAKIP, adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dalam hal ini KPU sebagai salah satu syarat untuk terciptanya lembaga penyelenggara Pemilu/Pemilihan yang baik, sedangkan sasaran dari penyusunan SAKIP bagi KPU sebagai berikut:

  1. Menjadi lembaga penyelenggara Pemilu/Pemilihan yang akuntabel, sehingga dapat beroperasi secara efektif dan efisien terhadap lingkungannya;

  2. Terwujudnya transparansi pada instansi pemerintah, khususnya pada penyelenggara Pemilu/Pemilihan;

  3. Terwujudnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan berdemokrasi;

  4. Terpeliharanya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.  (bint)