Usai Rekapitulasi Suara PILBUP Tingkat Kecamatan, Kotak Suara Langsung Diamankan ke Kabupaten

Usai Rekapitulasi Suara PILBUP Tingkat Kecamatan, Kotak Suara Langsung Diamankan ke Kabupaten
Foto : PPK Kecamatan Semen saat mengirimkan kotak suara ke kantor KPU Kabupaten Kediri, Minggu (13/12/2020) malam.

Reporter : Linda Estri Liyananwati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Usai melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Tingkat Kecamatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) langsung membawa dan mengamankan kotak suara ke kantor KPU Kabupaten Kediri.

Terpantau sejak Sabtu (12/12/2020) hingga hari ini, satu demi satu kotak suara berisi dokumen hasil pemungutan dan penghitungan suara mulai tiba di kantor KPU Kabupaten Kediri. Kotak suara tersebut seketika segera diamankan ke kabupaten setelah rekapitulasi selesai.

“Sesuai aturan dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, setelah rekap selesai kotak suara langsung diamankan ke KPU,” ungkap Nanang Qosim, Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Minggu (13/12/2020).

Data dari Sekretariat KPU Kabupaten Kediri, pengiriman dan pengamanan pada hari Sabtu (12/12/2020) diawali dari Kecamatan Gampengrejo, Badas, Kunjang dan Ngancar. Dilanjutkan hari Minggu (13/12/2020) oleh Kecamatan Pagu, Plosoklaten, Papar, Tarokan, Ringinrejo, Mojo, Kepung, Purwoasri, Ngadiluwih, Kandat, Semen, Kras, Kandangan, Grogol. 

“Masih ada 8 kecamatan yang belum selesai proses rekap, besok dipastikan selesai karena Selasa kita akan adakan rekap tingkat Kabupaten,” terangnya.

Pengiriman kotak suara kembali dari kecamatan ke kabupaten dilakukan oleh PPK dengan disaksikan oleh Panwascam serta dikawal ketat oleh personel Polri dan TNI. (hupmas/ lyn)